Video  

Apakah Anda sudah Memanfaatkannya Hari ini ? Peran Media Sosial Tiktok untuk Info Trending

Source : kenh14cdn.com
Source : kenh14cdn.com

Dewasa ini perkembangan media sosial memang terlihat cukup signifikan, bahkan hingga mempengaruhi berbagai macam aspek. Termasuk dalam menyediakan informasi terkini medsos menjadi tempat utamanya. Salah satu yang sedang banyak digunakan saat ini adalah tiktok, karena penyajiannya dengan video.

Beberapa Peran Media Sosial Tiktok dalam Menyajikan Informasi Trending

Banyak yang menggunakannya tetapi beberapa diantaranya kurang memahami apa peran sebenarnya. Oleh karena itulah membahasnya merupakan ide cemerlang agar lebih menghargai setiap konten disana. Dikemas berbentuk video membuat informasinya lebih jelas serta detail, dan berikut peran-perannya.

1. Menyajikan Informasi yang Sedang Trending dari Berbagai Negara

Source : katadata.co.id
Source : katadata.co.id

Seperti yang banyak orang ketahui bahwa media sosial mempunyai lingkup yang sangat luas, sehingga ketika menyajikan informasi pun terkadang dari berbagai negara termasuk tiktok. Bahkan jika bisa memuji, aplikasi medsos tersebut sudah mulai menggeser lainnya dalam hal memberikan informasi.

Hal tersebut karena tiktok menyajikan berita atau informasi trending secara jelas menggunakan video dari konten-konten di dalamnya. Oleh karena itulah saat ini keberadaannya sangat memberikan keuntungan masyarakat untuk mendapat beberapa info aktual yang sedang terjadi atau bahkan baru akan dimulai.

2. Penyedia Berita Detail dengan Video Singkat namun Jelas

Source : indozone.id
Source : indozone.id

Semua orang sudah tahu bahwa konten-konten yang ada di dalam tiktok disajikan dalam bentuk video dengan durasi maksimal 5 menit. Oleh sebab itulah peran keduanya sebagai penyedia berita detail melalui video-video singkat namun jelas sehingga tidak ada kesalahpahaman dalam mengerti berita-berita tersebut.

Terkadang hanya menggunakan gambar dan kata-kata kurang membuat masyarakat paham, karena tidak semua orang menyukai membaca. Hal itulah yang membuat mengapa kehadiran informasi melalui tiktok dianggap lebih enak menikmatinya daripada hanya membaca informasi kecuali memang dibutuhkan.

3. Tempat Menampung Aspirasi Masyarakat mengenai Berita Terkini

Source : kompas.com
Source : kompas.com

Tidak ubahnya dengan media sosial lain, tiktok juga mempunyai banyak fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan untuk segala jenis konten salah satunya stitch. Melalui fiturnya tersebut biasanya beberapa content creator hingga pengguna biasa bisa memberikan aspirasi atau pendapat pada berita-berita trending.

Selain itu, tanpa menggunakan fiturnya tersebut beberapa pengguna juga sudah sering menanggapi mengenai kasus-kasus trending. Disitulah tiktok bekerja secara tidak disadari berperan dalam memberikan tempat atau menampung pendapat-pendapat masyarakat agar didengar.

4. Menyediakan Ruang bagi Pengguna yang Memiliki Informasi Penting

Source : kompas.com
Source : kompas.com

Informasi yang disediakan disana berasal dari beberapa penggunanya dengan nama akun bermacam-macam, dari media pers nasional hingga masyarakat biasa. Tiktok tidak pernah mempunyai batasan siapa saja penyedia berita, poin pentingnya tidak menyimpang atau bahkan mengandung SARA serta lainnya.

Hal tersebut membuat beberapa orang mempunyai kesempatan dalam memberikan informasi terkini yang sedang terjadi di sekitarnya. Bisa dibilang mereka dapat menjadi wartawan dadakan, membagikan informasi-informasi terkini melalui rekaman video serta membagikannya melalui akun pribadinya.

5. Menyaring Informasi dari Konten-konten Tidak Betanggung jawab

Source : media.foxbusiness.com
Source : media.foxbusiness.com

Poin peran terpenting dari media sosial tiktok adalah mereka mampu menyaring segala macam konten dengan informasi yang kurang memadai. Hal tersebut berguna bagi masyarakat karena mereka akan mendapat informasi dan berita-berita akurat serta tidak memberikan pengaruh buruk saat melihatnya.

Pada dasarnya informasi yang ada di tiktok terdiri dari beberapa jenis atau macam sehingga jika pembuat konten tidak bertanggung jawab membagikan berita bohong, tentu saja masyarakat tetap bisa melihatnya. Oleh karena itulah tiktok memberikan fitur report agar pengguna lainnya bisa membantu dalam menyaring informasinya juga.

6. Sebagai Tempat Berdebat Singkat namun Cerdas tentang Hal Tertentu

Source : cybersulut.net
Source : cybersulut.net

Sudah banyak sekali kasus yang menghasilkan perdebatan panjang mengenai berbagai macam hal. Hal tersebut juga menjadi salah satu pemberian informasi sehingga pengguna lainnya tau akar dari masalahnya dimana. Beberapa di antaranya menggunakan fitur stitch dan juga melalui parodi tertentu.

Intinya, tiktok berperan sebagai tempat berdebat singkat namun cerdas karena kebanyakan mereka yang berpendapat merupakan content creator terkenal disana. Hal itu membuat media sosial ini berbeda dengan lainnya mengingat caranya mengemas informasi.

Apapun peran media sosial tiktok, sebaiknya sebagai pengguna bertanggungjawab jangan menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya. Hal tersebut akan merugikan banyak pihak, dan tiktok juga akan bertindak tegas jika beritanya memang tidak pantas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *