Viral ! Makanan Khas Indonesia yang Seringkali Dibahas dan Ramai Diperbincangkan di Media Sosial

Source : food.detik.com
Source : food.detik.com

Dewasa ini media sosial tampaknya digunakan oleh penggunanya untuk berbagai macam konsep konten, salah satunya kulineran. Semakin majunya teknologi membuat fitur di dalam media sosial juga ikut menyesuaikan termasuk konten konten-konten kulineran. Saat ini disana tidak hanya ada berwisata kuliner saja, tetapi berkembang lagi menjadi mukbang.

Beberapa Makanan Khas Indonesia yang Seringkali Dibahas dan Ramai Diperbincangkan di Media Sosial

Banyaknya makanan khas Indonesia yang kaya akan rempah membuat beberapa masyarakat memanfaatkannya untuk membuat konten tentang kuliner, dari mukbang hingga wisatanya di berbagai wilayah. Nah biasanya ada bermacam-macam makanannya jajanan hingga main course atau makan besar tersedia disana. Berikut jenis-jenis dan namanya.

1. Masakan Padang yang Berempah dengan Lauk Menggiurkan

Source : mediaindonesia.com
Source : mediaindonesia.com

Bisa dibilang makanan ini berat, mengenyangkan tetapi harganya selalu ramah di kantong. Masakan padang menjadi primadona setiap food vlogger untuk mereview setiap rumah makan sederhana dengan berbagai macam lauknya. Kuahnya yang berempah menjadi andalan ketika menikmati bersama lauk-pauk menggiurkannya.

Nah di media sosial gulai tambusu saat ini sedang menjadi primadona di kalangan food vlogger untuk mereview rasa hingga melakukan mukbang. Tambusu sendiri adalah usus sapi yang dalamnya diisi dengan telur lalu dimasak kuah gulai penuh rempah sampai meresap sempurna dan ususnya empuk, dimakan bersama nasi hangat sayur nangka tak lupa sambal hijau.

2. Bakso dengan Berbagai Topping Tetelan Sapi Jahat tapi Nikmat

Source : food.detik.com
Source : food.detik.com

Makanan kedua tidak berbeda dengan masakan Padang yang benar-benar khas asli Indonesia dan tak akan pernah ada yang bisa menyamai rasanya, bakso. Banyak masyarakat Indonesia menyukai hidangan berkuah hangat segar tersebut, oleh sebab itu pula food vlogger sering memberikan review berbagai macam bakso di setiap wilayah Indonesia.

Herannya di setiap warung bakso pasti mempunyai ciri khas rasanya sendiri, karena itu tidak sedikit masyarakat mencoba mereviewnya melalui akun media sosial masing-masing. Saat ini ternyata banyak sekali variasi bakso-bakso dan biasanya menggunakan toping berupa tetelan, jeroan sapi yang terkenal jahat tetapi justru letak kenikmatannya disana.

3. Penyetan Sambal dengan Lalapan Segar Ciri Khas Indonesia

Source : diarysivika.com
Source : diarysivika.com

Siapa yang tidak menyukai sambal dan lalapan, bisa dibilang sebagai pasangan sempurna untuk menikmati berbagai macam lauk goreng dan bakaran. Biasanya masyarakat menyebutnya penyetan, warung-warungnya berada di pinggiran jalan. Dari ayam, bebek, lele hingga lauk-pauk boga bahari tersedia di setiap warungnya.

Bahkan saat ini melalui media sosial banyak dari mereka menambahkan lauk ikan asin sehingga makan lebih nikmat. Terkadang ketika musim petai dan jengkol beberapa warung menyediakannya untuk digoreng karena kedua biji-bijian berbau tersebut sangat nikmat dimakan bersama sambal serta berbagai macam lauknya tersebut.

4. Soto Segar Daging Sapi dan Ayam Berbagai Rasa di Setiap Wilayah

Source : kompas.com
Source : kompas.com

Selain bakso, makanan khas Indonesia lainnya yang berkuah adalah Soto. Kuah berempah bening menjadi ciri khasnya tetapi ada juga di wilayah tertentu memiliki sotonya sendiri. Dari menggunakan santan seperti pada soto-soto Betawi, hingga menggunakan sambal kacang untuk kuahnya yaitu kekhasan rasa soto Sokaraja.

Daging yang digunakan pun beragam, pada umumnya beberapa soto akan memanfaatkan daging sapi dan ayam. Namun ternyata di Kudus sotonya menggunakan daging kerbau dan kuahnya cenderung lebih pekat sehingga kegurihannya pun semakin menonjol. Tekstur dari dagingnya tersebut lebih keras daripada sapi dan jika Anda ragu-ragu lebih baik jangan mencobanya.

5. Mie Ayam dengan Berbagai Macam Variasi

Source : selerasa.com
Source : selerasa.com

Selain bakso, mie ayam juga menjadi primadona masyarakat Indonesia dalam menyajikan review melalu konten kulinernya. Saat ini media sosial sedang banyak dihantui oleh berbagai jenis makanan berkuah dengan rempah gurih tersebut. Dari model yamin hingga mie ayam jadul masih menonjolkan rasa khas dari Indonesian noodles.

Pada dasarnya dari dahulu mie ayam memiliki rasa manis gurih, dengan kuah bening. Rasanya tersebut kunci rahasianya adalah kuah topping ayamnya dan minyak gurih yang diracik sebelum menuangkan kuah. Jika menurut penilaian pribadi, mie-mie ayam rasa otentik lebih nikmat daripada jenis-jenis lainnya atau biasanya yamin.

Berbagai makanan di atas bisa Anda lihat dan temukan di media sosial. Beberapa akun vlogger menyajikan makanan-makanan di setiap wilayah Indonesia, selain menjadi rekomendasi makan siang sampai malam juga dapat menjadi tujuan saat akan wisata kuliner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *