Tech  

Ramainya Penggunaan Teknologi Canggih, Apa Dampaknya?

Perkembangan teknologi pada saat ini memang terus mengalami kemajuan. Mulai dari alat-alat elektronik yang digunakan oleh sebagian orang dengan berbagai fungsinya. Ini juga termasuk ke dalam sebuah revolusi teknologi. Lalu, apakah penggunaan teknologi tersebut dapat memberi dampak negatif?

Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Canggih

Walaupun banyak membantu masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas dan memenuhi kebutuhan mereka, teknologi canggih juga memegang peranan besar dalam memberi dampak negatif pada lingkungannya. Mengapa demikian? Berikut ini penjelasan mengenai hal tersebut!

1. Malas Beraktivitas

https://www.ekrut.com/

Dampak negatif yang pertama ketika Anda terus bergantung pada keberadaan teknologi canggih seperti saat ini, tentunya berdampak pada kegiatan sehari-hari. Umumnya, setiap orang akan malas melakukan aktivitas karena semua bisa dijangkau melalui alat-alat elektronik genggaman.

Misalnya, mereka lebih suka bermain sosial media daripada harus keluar berolahraga demi mendapatkan fisik yang sehat. Apalagi di saat pandemi seperti ini, ruang gerak mereka menjadi lebih terbatas dan semuanya bergantung pada teknologi, baik memenuhi kebutuhan, makan, serta banyak lainnya.

2. Kecanduan Gadget

Dampak yang sering terjadi pada penggunaan teknologi canggih secara terus menerus adalah kecanduan. Penyakit ini tentunya lebih berbahaya daripada narkoba atau pengkonsumsi obat-obatan lainnya. Karena, Anda akan secara berkala berkontak langsung dengan berbagai jenis alat elektronik.

Apabila dibiarkan, maka akan membuat semua orang tidak mau melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Ini juga terjadi pada anak-anak usia 5 tahun atau lebih. Mereka sudah diberi gadget oleh orang tuanya yang tentunya bisa membatasi imaginasi dan ruang gerak mereka hingga menyebabkan kecanduan.

3. Anti Sosial

Di era teknologi digital seperti saat ini, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sosial media. Platform ini menyediakan berbagai fungsi serta fitur canggih untuk membantu penggunanya menjelajahi banyak tempat dalam genggaman secara mudah tanpa harus keluar rumah.

Ini akan membuat semua orang enggan melakukan komunikasi atau berinteraksi dengan masyarakat di dunia asli mereka. Tidak heran jika sekarang banyak orang sudah kehilangan rasa empati dan simpati terhadap sesama serta munculnya masyarakat anti sosial lainnya.

4. Membludaknya Angka Pengangguran

https://www.beritadenpasar.com

Dampak yang sangat mengejutkan pada perkembangan teknologi canggih di era sekarang adalah banyaknya angka pengangguran dari tahun ke tahun. Persediaan lapangan pekerjaan juga semakin menipis dan banyak orang kesulitan untuk mendapat pekerjaan di berbagai bidang.

Hal ini terjadi karena SDM telah terganti oleh teknologi. Banyak perusahaan atau kantor besar yang memanfaatkan teknologi untuk menghemat perekrutan SDM bagi bisnis. Hal ini sangat berdampak besar bagi kesejahteraan rakyat ke depannya apabila terus berlanjut seperti saat ini dan tidak ada perbaikan.

5. Gangguan Kesehatan

Ketika Anda sudah tidak ingin melakukan aktivitas untuk kembali mengisi energi dan membuat tubuh bugar, disinilah sarang penyakit akan dimulai. Biasanya, orang yang kecanduan terhadap smartphone atau alat elektronik lainnya biasa berdiam diri di kamar serta selalu rebahan.

Aktivitas yang dilakukan pun tidak ada. Kondisi tubuh menjadi menurun drastis dan pola makan tidak beraturan. Ini akan memicu berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti obesitas. Selain itu, ada banyak tontonan yang tidak pantas akan Anda dapatkan melalui teknologi yang berdampak pada pola pikir.

6. Sakit Mental

Selanjutnya yang tak kalah parahnya dari penggunaan teknologi canggih secara terus menerus adalah munculnya sakit mental, seperti depresi, stress, kecemasan, serangan panik, dan lain sebagainya. Kekerasan atau bully yang dilakukan di media sosial seringkali disebut dengan cyber bullying.

Kasusnya sudah sangat banyak dan menimpa semua kalangan dari berbagai umur. Ketika hendak memposting atau mengunggah sesuatu, unggahan tersebut sudah menjadi konsumsi publik. Anda tidak bisa mengontrol setiap orang yang akan berkomentar baik maupun buruk pada postingan tersebut.

Melalui ulasan yang sudah dibahas di atas, penggunaan teknologi sendiri memiliki dua dampak, yakni negatif dan positif. Untuk memaksimalkan penggunaannya, maka harus ada kesadaran di dalam diri agar tidak selalu bergantung pada keberadaan teknologi tersebut supaya hidup tetap berjalan seimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *