Tech  

Apa yang Berusaha Dijangkau Melalui Kemajuan Teknologi Dalam Dunia Modern Ini?

Perkembangan zaman tentu akan membuat suatu negara memiliki kemajuan teknologi. Teknologi itu sendiri tentu berada di dalam kehidupan manusia sehari-hari. Misalnya seperti transaksi online yang mudah dan cepat. Namun, sebenarnya apa yang berusaha dijangkau melalui kemajuan teknologi?

Apa yang Berusaha Dijangkau Melalui Kemajuan Teknologi

Suatu perubahan tentu harus memiliki tujuan. Termasuk kemajuan teknologi ini, apa tujuan sebenarnya atau apa yang ingin dicari dari perubahan itu. Maka dari itu mari kita kulik alasannya bersama-sama. Jawabannya ada pada kehidupan sehari-hari yang tidak disadari.

1. Efisiensi Menjalani Hidup

Melalui teknologi hidup manusia menjadi lebih efisien. Ada mobil yang siap mengantarkan, ada taksi online yang siap menjadi sopir pribadi dan berbagai contoh lainnya. Dahulu manusia harus melakukan semua hal secara mandiri dan tradisional. Seperti berburu untuk bisa makan.

Dengan adanya teknologi semua kegiatan bisa dilakukan dengan lebih cepat. Hasilnya waktu 24 jam yang dimiliki manusia menjadi lebih produktif. Jika sebelumnya sehari hanya bisa melakukan dua hingga empat pekerjaan utama dalam satu hari maka kini bisa lebih bahkan 10 pekerjaan.

2. Kemudahan Transaksi

Sebelumnya sudah sempat di singgung bahwa kemudahan transaksi online adalah bentuk dari kemajuan teknologi. Ini transaksi tidak harus menggunakan uang fisik atau emas. Bahkan dua orang yang ingin melakukan kegiatan tersebut tidak perlu bertemu satu sama lain sehingga lebih efisien.

Pada zaman kemajuan teknologi, masyarakat bisa melakukan transaksi jarak jauh. Bahkan ada pula sistem belanja online yang semakin memudahkan masyarakat. Melalui sistem tersebut orang-orang tidak perlu lagi pergi jauh berkendara untuk mendapatkan satu atau dua barang.

3. Sistem Keamanan

Sistem keamanan juga menjadi tujuan mengapa harus adanya kemajuan teknologi. Kamera CCTV alarm maling atau kebakaran adalah beberapa contoh dari kemajuan teknologi dalam bidang keamanan. Melalui teknologi ini, masyarakat tidak perlu lagi menyewa tenaga keamanan seperti satpam.

Dalam kasus besar, teknologi juga mempengaruhi sistem keamanan negara. Misalnya dalam pelacakan penjahat atau orang dalam daftar pencarian. Perbatasan negara juga mendapatkan pengaruh teknologi tersebut misalnya seperti radar yang mendeteksi kendaraan atau warga asing.

4. Kemajuan dalam Bisnis

Poin tentang apa yang berusaha dijangkau melalui kemajuan teknologi kali ini berhubungan dengan kemudahan transaksi. Ketika orang mudah dalam melakukan transaksi apapun maka bisnis juga akan lancar. Para pelaku bisnis bisa menjual barangnya ke luar negeri atau ke daerah jauh lainnya. .

Sistem bisnis pun juga berkembang mengikuti zaman modern. Jika sebelumnya orang Harus memiliki barangnya untuk dijual maka kini bisa menggunakan sistem reseller atau dropshipper. Maksudnya adalah penjual tidak harus memiliki barang secara fisik di dalam gudangnya lagi.

5. Industri dan Lapangan Pekerjaan Baru

Kemajuan teknologi juga tentu mempengaruhi kemunculan industri baru. Misalnya seperti media digital yang menghadirkan berbagai lapangan pekerjaan baru. Seperti desain grafis, praktisi it professional, data engineer dan lain sebagainya. Generasi baru jadi memiliki kesempatan lebih besar dalam dunia kerja.

Namun memang dampak buruknya beberapa lapangan pekerjaan tersingkirkan oleh teknologi. Misalnya seperti buruh yang kini bisa digantikan oleh mesin. Bahkan nampaknya rencana pemimpin dunia juga dapat mengubah dokter menjadi robot kesehatan. Maka dari itu masyarakat juga harus cermat menyikapinya.

6. Sistem Pendidikan Lebih Modern

Sebagaimana yang telah dijelaskan kemajuan teknologi juga mempengaruhi media titik hal itu pun memberi dampak pada sistem pendidikan. Maksudnya jika sebelumnya murid hanya bisa bersumber dari guru dan buku kini bisa melalui internet. Terlebih lagi internet seperti gudang, memiliki banyak sumber.

Ilmu yang didapatkan pun tidak hanya pengetahuan baku. Melainkan masyarakat dapat mempelajari banyak hal seperti keahlian baru. Melalui internet juga ada banyak pelatihan untuk dunia kerja. Hal tersebut semakin membuktikan bahwa ada banyak kemudahan yang bisa dijangkau oleh teknologi.

Apa yang berusaha dijangkau melalui kemajuan teknologi sangatlah banyak. Sebagian besarnya ada dalam kehidupan sehari-hari yang tidak disadari. Maka dari itu manusia patut bersyukur perkembangan zaman berlalu ke arah lebih baik. Pasti tidak terbayangkan bila masa depan mengalami kemunduran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *