Pernah Mencobanya? Manfaat Media Sosial untuk Mencari Pekerjaan Fresh Graduate

Source : idntimes.com
Source : idntimes.com

Pekerjaan adalah hal utama bagi masyarakat untuk mendapatkan nafkah bekal bertahan hidup sehari-hari dengan berbagai bidang tertentu sesuai kemampuannya. Sayangnya mencarinya bukan merupakan hal mudah, tetapi kemajuan teknologi membantu mengatasinya melalui media sosial sebagai perantaranya.

Beberapa Manfaat Media Sosial untuk Mencari Pekerjaan bagi Fresh Graduate

Tanpa disadari sebenarnya adanya media sosial saat ini membantu para pencari kerja terutama bagi fresh graduate atau baru saja lulus menemukan lowongan pekerjaan. Memang tidak akan mudah, tetapi setidaknya mereka mempunyai banyak referensi untuk dicoba dan berikut manfaat lainnya.

1. Mencari Referensi Lowongan Pekerjaan di Berbagai Tempat

Source : shine.com
Source : shine.com

Sebenarnya jika seseorang mau berusaha lebih keras, melalui media sosial akan mendapatkan banyak referensi lowongan kerja dari berbagai tempat di Indonesia. Salah satu sandungan terbesar beberapa orang sulit mendapat pekerjaan adalah kurang mau berkembang sehingga hanya fokus pada satu tempat.

Padahal diseluruh pelosok tanah air akan terbuka lowongan kerja bagi siapa saja yang mau, namun terkadang pemikiran idealis terlalu naif mempertahankan kenyamanan. Melalui media sosial itu juga Anda dapat menemukannya, hanya perlu menelusuri setiap halamannya mencari secara teliti.

2. Mencoba Peruntungan dengan Passion Aslinya

Source : vecteezy.com
Source : vecteezy.com

Di zaman serba canggih sekarang ini, banyak sekali lulusan Universitas yang mendapat pekerjaan tidak sesuai dengan jurusannya. Hal tersebut secara tidak sadar, sebenarnya mereka sedang mengejar passion atau minat sesungguhnya. Media sosial juga dapat dimanfaatkan dalam mencoba peruntungan tersebut.

Misalkan saja Anda mempunyai minat dalam bidang kesenian yaitu melukis sedangkan baru saja lulus dari jurusan komunikasi, coba saja mengembangkan passion tersebut. Bebas dengan cara seperti apa, namun bisa membagikan kreasi seni tersebut ke dalam media sosial pribadi, siapa tahu jadi awal karir sesuai passion.

3. Menambah Pengalaman dengan Mencari Pekerjaan Lepas

Source : iusuu.com
Source : iusuu.com

Jangan mudah meremehkan sebuah pekerjaan, sama halnya dengan pekerja lepas atau freelance. Meskipun nominal pendapatannya tidak tetap, namun jika Anda menggelutinya dengan serius bahkan pendapatannya bisa menyaingi karyawan di perusahaan besar. Cobalah saja mencari lowongan tersebut melalui media sosial.

Lalu apa saja bidangnya? Banyak sekali, namun biasanya cenderung pada bidang kreativitas. Seperti ilustrator, fotografer, penulis, penyedia jasa dan lainnya. Sesuaikan dengan passion Anda karena pasti melalui media sosial semua tersedia referensinya hanya perlu menjelajahinya serta sabar kunci utamanya.

4. Tempat Pemasaran Terbaik untuk yang Berbisnis

Source : pikiran-rakyat.com
Source : pikiran-rakyat.com

Biasanya di sela-sela mencari pekerjaan banyak fresh graduate akhirnya mencari sambilan dengan berbisnis. Nah, media sosial tentunya menjadi jalan terbaik untuk melakukan promosi produk Anda. Jika pemasarannya lancar serta bisa mendatangkan banyak konsumen, mungkin sudah memerlukan lowongan kerja di kantoran.

Sama halnya dengan peruntungan passion, namun bisnis lebih signifikan sehingga apa yang menjadi produknya sudah jelas. Jika mencari minta, tidak semua orang mempunyai kelebihan tersebut sehingga tetap harus melakukan pencarian pekerjaan meskipun sulit. Sedangkan untuk memulai sebuah usaha semua bisa melakukannya.

5. Koneksi Terbaik untuk Memperluas Jangkauan Kerja

Source : istockphoto.com
Source : istockphoto.com

Di zaman yang serba memanfaatkan teknologi ini memang merupakan salah satu dampak era globalisasi. Hal tersebut menuntut semua masyarakat mengikutinya agar cepat berkembang dan maju secara finansial melalui pekerjaannya. Oleh karenanya media sosial dijadikan sebagai koneksi terbaik.

Koneksi tersebut digunakan untuk memperluas jangkauan kerja termasuk saat mencari pekerjaan. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa referensi lowongan pekerjaan di media sosial ada banyak dari berbagai tempat. Hal itulah seharusnya dapat dijadikan sebagai tolok ukur sehingga kesuksesan akan lebih meluas bahkan global.

6. Tempat Callback Friends dalam Mencari Pekerjaan

Source : detik.net.id
Source : detik.net.id

Satu-satunya rekomendasi pekerjaan yang dapat dipercaya adalah menanyakannya kepada beberapa teman sejawat. Untuk menemukan mereka, media sosial menjadi cara terbaik karena memang jangkauannya luas. Sayangnya tidak semua dari mereka mau membantu tetapi tidak ada salahnya mencoba.

Tentunya pastikan dahulu mereka semua bekerja atau tidak. Manfaat ini khusus bagi Anda yang sudah mengikuti beberapa teman dalam kurun waktu lama, karena tidak sopan jika baru menemukannya langsung bertanya mengenai pekerjaan.

Pada dasarnya adanya kemajuan teknologi memang sangat bermanfaat dalam berbagai macam aspek. Hal tersebut menguatkan keberadaannya melalui media sosial membantu masyarakat dalam mendapatkan lowongan pekerjaan sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *